RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : MI Darul Hikmah
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
__________________________________________________________________
I.
Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II. Kompetensi
Dasar
Menjelaskan
hubungan antara bunga dengan fungsinya
III. Indikator
1.
Menjelaskan
struktur bagian bunga.
2.
Mendeskripsikan
fungsi struktur bagian bunga.
IV. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat:
1.
Menjelaskan struktur
bagian bunga dengan benar.
2.
Mendeskripsikan
fungsi struktur bagian bunga dengan benar.
V. Materi Ajar:
·
Struktur bagian
bunga (lampiran)
VI. Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan: berpusat pada siswa
Model Pembelajaran: Pembelajaran berbasis Masalah
Metode
Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, kerja kelompok.
VII. Alat/ Media/ Sumber
belajar
Alat: Spidol,
white board, penghapus
Media: Alat
peraga, Gambar bunga,
Sumber Belajar:
1.
Anggraeni, Sri.
dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk
kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan. Hal 41
2.
Rositawaty, S. dkk.
2008. Senang Belajar IPA 4 . Jakarta:
Pusat Perbukuan. Hal 21
3.
Wiyono, Edy. dkk.
2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 4.
Jakarta: Pusat Perbukuan. Hal 33
VIII. Langkah-langkah pembelajaran
A. Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Orientasi:
memberi salam, mengabsen, mengecek kebersihan kelas, doa.
2.
Guru
mempersiapkan beberapa jenis bunga sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3.
Apersepsi:
tanya jawab berhubungan dengan materi pelajaran.
4.
Pemberian
acuan: menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
|
10 menit
|
B. Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Guru membagi
siswa menjadi 5 kelompok
2.
Siswa
memperhatikan informasi tentang materi
yang dibutuhkan dan murid dimotivasi
untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
3.
Guru meminta
siswa mendefinisikan tugas belajar secara berkelompok yang
berhubungan dengan masalah yang
diberikan dalam bentuk LKS.
4.
Siswa
mengumpulkan informasi dan hasil eksperimen
berdasarkan soal-soal pada LKS untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah dari masalah yang diberikan oleh guru.
5.
Guru
membimbing siswa dalam merencanakan eksperimen, menyiapkan
laporan, dan membantu mereka membagikan
tugas dengan temannya.
6.
Siswa
bersama guru melakukan
refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang telah dilakukan
7.
Siswa
menyimak informasi serta bertanya jawab tentang kegiatan kelompok yang telah
dilakukan.
|
55 menit
|
C. Penutup
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
Siswa
mengerjaan evaluasi secara klasial
2.
Guru
mengarahkan murid unuk membuat rangkuman
3.
Merefleksi
4.
Penyampaian
pesan-pesan moral
5.
Salam
penutup.
|
10 menit
|
IX.
Penilaian
1.
Penilaian Proses (Terlampir)
2.
Penilaian hasil tes
sebagai berikut
Indikator pencapaia kompetensi
|
Teknik penilaian
|
Bentuk penilaian
|
Instrumen
|
1.
Menjelaskan struktur
bagian bunga dengan benar.
2.
Mendeskripsikan
fungsi struktur bagian bunga dengan benar.
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Isian
Isian
|
1.
Jelaskan 5 bagian-bagian
bunga!
2.
Jelaskan jenis-jenis bunga
berdasarkan bagian-bagiannya?
3.
Jelaskan fungsi utama bunga?
|
4.
Lembar kerjaa dan
kunci lembar kerja (terlampir)
|
|
LEMBAR
KEGIATAN SISWA (LKS)
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas/Semester : IV/I
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
Nama
Anggota Kelompok :
1. …………………………………….
2. …………………………………….
3. ........................................................
4. ........................................................
5. ........................................................
JUDUL
: Mengetahui struktur bagian tumbuhan pada masing-masing
bunga.
A.
Kompetensi Dasar
2.4
Menjelaskan hubungan antara bunga
dengan fungsinya
B. Indikator:
Kognitif (Proses):
-
Melakukan
pengamatan tentang struktur bagian bunga.
C. Tujuan Pembelajaran:
Kognitif (Proses):
-
Melalui kegiatan
kelompok, murid dapat melakukan pengamatan tentang struktur bagian bunga
berdasarkan panduan LKS dengan benar.
D. langkah-langkah kegiatan:
Perhatikan bagian-bagian bunga di bawah ini!
Ambillah 3 jenis bunga yang telah disediakan gurumu.
Isilah kolom di bawah ini dengan tanda + jika ya/ada dan tanda – jika tidak
ada.
No.
|
Nama bunga
|
Tangkai
|
Kelopak
|
Mahkota
|
Putik
|
Benang sari
|
Warna mahkota
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
Sebutkan warna-warna mahkota bunga yang ada pada tabel!
Jawab: ...............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
7.
Apakah semua bunga memiliki putik dan benang sari?
Jawab:
...............................................................................................................................
8.
Tulislah kesimpulanmu mengenai pengamatan di atas!
Jawab: ...............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
Lampiran 3:
LEMBAR PENILAIAN 2 (LP 2)
LEMBAR EVALUASI |
Nama :.......................................................
Kelas :......................................................
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Jelaskan 5 bagian-bagian
bunga!
2.
Jelaskan
jenis-jenis bunga berdasarkan bagian-bagiannya!
3.
Jelaskan fungsi utama bunga!
KUNCI JAWABAN
1.
Bagian-bagian bunga
a.
Tangkai bunga merupakan
bagian yang berada di bawah bunga.
b.
Kelopak bunga
merupakan bagian bunga yang paling luar yang berwarna hijau seperti daun atau
berwarna warni seperti mahkota.
c.
Mahkota bunga
merupakan perhiasan bunga yang indah yang terletak di sebelah dalam kelopak dan
biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam
d.
Putik merupakan
alat kelamin betina
e.
Benang sari
merupakan alat kelamin jantan
2.
Jenis-jenis bunga
berdasarkan bagian-bagiannya
a.
Bunga
lengkap yaitu bunga yang memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari
b.
Bunga
tak lengkap yaitu bunga yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga,
mahkota bunga, putik, atau benang sari
c.
Bunga
sempurna yaitu bunga yang memiliki benang sari dan putik
d.
Bunga
tak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki putik atau benang sari saja.
3.
Untuk
membentuk biji agar tanaman dapat ditanam kembali sehingga keturunannya jadi
bertambah banyak
Lampiran 1
-
Penilaian
proses
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang Di Observasi
|
Nilai
|
|||
|
|
keaktifan
|
kerjasama
|
kualitas
|
Skor
rata-rata
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Lampiran
2
-
Lembar kerja
dan kunci lembar kerja
NO
|
SOAL LEMBAR KERJA
|
KUNCI LEMBAR KERJA
|
1
2
3
|
Jelaskan 5 bagian-bagian bunga!
Jelaskan jenis-jenis bunga berdasarkan
bagian-bagiannya?
Jelaskan fungsi utama bunga
|
a)
Kelopak bunga, merupakan bagian bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna
hijau seperti daun atau berwarna warni seperti
mahkota.
b)
Mahkota bunga, terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang
beraneka ragam. Mahkota bunga berguna
untuk menarik serangga lain untuk datang membantu penyerbukan.
c)
Benang sari, merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala
sari. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah
mahkota bunga.
d)
Putik, merupakan alat kelamin betina. Pada dasar putik terdapat bagian yang akan
menjadi buah dan biji.
e)
Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.
a.
Bunga lengkap yaitu bunga
yang memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari
b.
Bunga tak lengkap yaitu bunga
yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga, mahkota bunga, putik,
atau benang sari
c.
Bunga sempurna yaitu bunga
yang memiliki benang sari dan putik
d.
Bunga tak sempurna yaitu
bunga yang hanya memiliki putik atau benang sari saja.
-
Untuk membentuk biji agar
tanaman dapat ditanam kembali sehingga keturunannya jadi bertambah banyak
|
Lampiran 3
Bacaan siswa
Tidak ada komentar:
Posting Komentar