Minggu, 26 Januari 2014

RPP Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan               :  MI Darul Hikmah
Mata Pelajaran                     :  IPA
Kelas/Semester                      :  IV/I
Alokasi Waktu                      :  2 x 35 Menit
__________________________________________________________________
I.         Standar Kompetensi
Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya
II.   Kompetensi Dasar         
Menjelaskan  hubungan antara bunga dengan fungsinya
III.  Indikator 
1.    Menjelaskan struktur bagian bunga.
2.    Mendeskripsikan fungsi struktur bagian bunga.
IV. Tujuan Pembelajaran:
Siswa dapat:
1.      Menjelaskan struktur bagian bunga dengan benar.
2.      Mendeskripsikan fungsi struktur bagian bunga dengan benar.
V. Materi Ajar:
·         Struktur bagian bunga (lampiran)
VI.  Model dan Metode Pembelajaran:
Pendekatan: berpusat pada siswa     
Model Pembelajaran: Pembelajaran berbasis Masalah
Metode Pembelajaran: Ceramah, tanya jawab, kerja kelompok.
VII. Alat/  Media/ Sumber belajar
Alat: Spidol, white board, penghapus
Media: Alat peraga, Gambar  bunga,
Sumber Belajar:
1.    Anggraeni, Sri. dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan. Hal 41
2.    Rositawaty, S. dkk. 2008. Senang Belajar IPA 4 . Jakarta: Pusat Perbukuan. Hal 21
3.    Wiyono, Edy. dkk. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas 4. Jakarta: Pusat Perbukuan. Hal 33
VIII.  Langkah-langkah pembelajaran
A.    Pendahuluan
Kegiatan
Waktu
1.      Orientasi: memberi salam, mengabsen, mengecek kebersihan kelas, doa.
2.      Guru mempersiapkan beberapa jenis bunga sesuai dengan tujuan pembelajaran.
3.      Apersepsi: tanya jawab berhubungan dengan materi pelajaran.
4.      Pemberian acuan: menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan di capai.
10 menit

B.     Inti
Kegiatan
Waktu
1.    Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok
2.    Siswa memperhatikan informasi tentang materi yang dibutuhkan dan murid dimotivasi untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
3.    Guru meminta siswa mendefinisikan tugas belajar secara berkelompok yang berhubungan dengan masalah yang diberikan dalam bentuk LKS.
4.    Siswa mengumpulkan informasi dan hasil eksperimen berdasarkan soal-soal pada LKS untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah dari masalah yang diberikan oleh guru.
5.    Guru membimbing siswa dalam merencanakan eksperimen, menyiapkan laporan, dan membantu mereka membagikan tugas dengan temannya.
6.    Siswa bersama guru melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan dan proses-proses yang telah dilakukan
7.    Siswa menyimak informasi serta bertanya jawab tentang kegiatan kelompok yang telah dilakukan.
55 menit
C.    Penutup
Kegiatan
Waktu
1.      Siswa mengerjaan evaluasi secara klasial
2.      Guru mengarahkan murid unuk membuat rangkuman
3.      Merefleksi
4.      Penyampaian pesan-pesan moral
5.      Salam penutup.
10 menit







IX. Penilaian
1.      Penilaian Proses  (Terlampir)
2.      Penilaian hasil tes sebagai berikut
Indikator pencapaia kompetensi
Teknik penilaian
Bentuk penilaian
Instrumen
1.    Menjelaskan struktur bagian bunga dengan benar.

2.    Mendeskripsikan fungsi struktur bagian bunga dengan benar.

Tes tertulis


Tes tertulis



Isian


Isian



1.     Jelaskan 5 bagian-bagian bunga!

2.     Jelaskan jenis-jenis bunga berdasarkan bagian-bagiannya?
3.     Jelaskan fungsi utama bunga?


4.      Lembar kerjaa dan kunci lembar kerja (terlampir)

 Kepala sekolah,


Muhammad Irfan, S. Pd, M. Pd
NIP. 19800805 200501 1 002
 
          

 
Makassar, januari 2014

                                                                                  

LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)

Mata Pelajaran                      : IPA
Kelas/Semester                      : IV/I
Alokasi Waktu                       : 2 x 35 menit
Nama Anggota Kelompok    :
1.    …………………………………….
2.    …………………………………….
3.    ........................................................
4.    ........................................................
5.    ........................................................
 

JUDUL : Mengetahui struktur bagian tumbuhan pada masing-masing bunga.
A. Kompetensi Dasar                      
2.4    Menjelaskan  hubungan antara bunga dengan fungsinya
B. Indikator: 
Kognitif (Proses):
-          Melakukan pengamatan tentang struktur bagian bunga.
C. Tujuan Pembelajaran:
Kognitif (Proses):
-          Melalui kegiatan kelompok, murid dapat melakukan pengamatan tentang struktur bagian bunga berdasarkan panduan LKS dengan benar.

D. langkah-langkah kegiatan:
*       Perhatikan bagian-bagian bunga di bawah ini!
















 


*      Ambillah 3 jenis bunga yang telah disediakan gurumu. Isilah kolom di bawah ini dengan tanda + jika ya/ada dan tanda – jika tidak ada.

No.
Nama bunga
Tangkai
Kelopak
Mahkota
Putik
Benang sari
Warna mahkota
1.







2.







3.







6.      Sebutkan warna-warna mahkota bunga yang ada pada tabel!
Jawab: ...............................................................................................................................
...........................................................................................................................................
7.      Apakah semua bunga memiliki putik dan benang sari?
Jawab: ...............................................................................................................................
8.      Tulislah kesimpulanmu mengenai pengamatan di atas!
Jawab: ...............................................................................................................................
...........................................................................................................................................


  
Lampiran 3: LEMBAR PENILAIAN 2 (LP 2)



LEMBAR EVALUASI
 




Nama   :.......................................................
Kelas   :......................................................
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.      Jelaskan 5 bagian-bagian bunga!
2.      Jelaskan jenis-jenis bunga berdasarkan bagian-bagiannya!
3.      Jelaskan fungsi utama bunga!

KUNCI JAWABAN


1.      Bagian-bagian bunga
a.       Tangkai bunga merupakan bagian yang berada di bawah bunga.
b.      Kelopak bunga merupakan bagian bunga yang paling luar yang berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni seperti mahkota.
c.       Mahkota bunga merupakan perhiasan bunga yang indah yang terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam
d.      Putik merupakan alat kelamin betina
e.       Benang sari merupakan alat kelamin jantan
2.      Jenis-jenis bunga berdasarkan bagian-bagiannya
a.         Bunga lengkap yaitu bunga yang memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik,    dan benang sari
b.         Bunga tak lengkap yaitu bunga yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benang sari
c.         Bunga sempurna yaitu bunga yang memiliki benang sari dan putik
d.        Bunga tak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki putik atau benang sari saja.
3.      Untuk membentuk biji agar tanaman dapat ditanam kembali sehingga keturunannya jadi bertambah banyak

 

Lampiran 1
-       Penilaian proses
NO
Nama Siswa
Aspek Yang Di Observasi
Nilai


keaktifan
kerjasama
kualitas
Skor rata-rata

1






2






3






4








Lampiran 2
-       Lembar kerja dan kunci lembar kerja
NO
SOAL LEMBAR KERJA
KUNCI LEMBAR KERJA
1




















2













 
3
Jelaskan 5 bagian-bagian bunga!












 
Jelaskan jenis-jenis bunga berdasarkan bagian-bagiannya?









Jelaskan fungsi utama bunga
a)    Kelopak bunga, merupakan bagian bunga yang paling luar. Kelopak biasanya berwarna hijau seperti daun atau berwarna warni seperti
mahkota.
b)   Mahkota bunga, terletak di sebelah dalam kelopak dan biasanya mempunyai warna yang beraneka ragam. Mahkota bunga berguna
untuk menarik serangga lain untuk datang membantu penyerbukan.
c)    Benang sari, merupakan alat kelamin jantan yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Benang sari biasanya terletak di tengah-tengah
mahkota bunga.
d)   Putik, merupakan alat kelamin betina. Pada dasar putik terdapat bagian yang akan menjadi buah dan biji.
e)    Dasar dan tangkai bunga sebagai tempat kedudukan bunga.

a.    Bunga lengkap yaitu bunga yang memiliki kelopak bunga, mahkota bunga, putik, dan benang sari
b.    Bunga tak lengkap yaitu bunga yang tidak memiliki salah satu bagian kelopak bunga, mahkota bunga, putik, atau benang sari
c.    Bunga sempurna yaitu bunga yang memiliki benang sari dan putik
d.   Bunga tak sempurna yaitu bunga yang hanya memiliki putik atau benang sari saja.


-       Untuk membentuk biji agar tanaman dapat ditanam kembali sehingga keturunannya jadi bertambah banyak

Lampiran 3
Bacaan siswa
 
































 

















































Tidak ada komentar:

Posting Komentar